Minggu, 12 November 2017

Model Pembelajaran


Kali ini saya akan berbagi tentang contoh model pembelajaran, semoga bermanfaat.. 
 
Model Pembelajaran (Pengertian, Ciri-Ciri, Dasar Pemilihan dan Pola pembelajaran)

Pengertian Model Pembelajaran
Model dimakanakan sebagai suatu objek atau konsep yang digunakan untuk mempresentasikan suatu hal. Ssesuatu yang nyata dan dikonversi untuk sebuah bentuk yang lebih komprehensif (Meyer, W.J., 1935:2)

Model pembelajaran adalah suatu pola yang digunakan sebagai oediman dalam perencanaan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk didalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum dll (Joyce, 1992:4)


Model pembelajran adalahkerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengoraganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar - mengajar. (Soekanto, dkk (dalam Nurulwati, 2000:10)


Jadi model pembelajaran adalah seperangkat prosedur yang sistematis sebagai perancang bagi para pengajar untuk mencapai tujuan belajar.
Ciri-Ciri Model Pembelajaran

  1. Rasional teoritik yang logis yangdisusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
  2. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar.
  3. Tingkah laku mengajar yang diperlukanagar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil.
  4. Lingkungan belajar yang duperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dasar Pertimbangan Pemilihan Model Pembelajaran
  1. Rumusn Tujuan pembelajaran
  2. Sifat dan jenis materi pelajaran
  3. Ketersediaan fasilitas.
  4. Kondisi dan karakteristik peserta didik.
  5. Alokasi waktu yang tersedia

Pola-Pola Pembelajaran

Barry Moris (dalam Rusman, 2011 : 134) mengklasifikasikan empat pola pembelajaran, antara lain sebagai berikut :
  1. Pola pembelajaran guru dengan siswa tanpa menggunakan alat bantu/bahan pembelajaran dalam bentuk alat peraga. Pola pembelajaran ini tergantung pada kemampuan guru dalam mengingat bahan pembelajaran dan menyampaikan bahan tersebut secara lisan kepada siswa
  2. Pola (guru + alat bantu) dengan siswa. Pada pola pembelajaran ini guru sudah dibantu oleh berbagai bahan pembelajaran yang disebut alat peraga pembelajaran dalam menjelaskan dan meragakan suatu pesan yang bersifat abstrak.
  3. Pola (guru) + (media) dengan siswa. Pola pembelajaran ini sudah mempertimbangkan keterbatasan guru yang tidak mungkin menjadi satu – satunya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat memanfaatkan berbagai media pembelajaran sebagai sumber belajar yang dapat menggantikan guru dalam pembelajaran, jadi siswa dapat memperoleh informasi dari berbagai media sebagai sumber belajar, misalnya dari majalah, modul, siaran radio pembelajaran, televisi pembelajaran, media komputer dan internet. Pola ini merupakan pola pembelajaran bergantian antara guru dan media dalam berinteraksi dengan siswa.
  4. Pola pembelajaran media dengan siswa atau pola pembelajaran jarak jauh menggunakan media atau bahan pembelajaran yang disiapkan, dalam pola ini, siswa belajar dengan media, tanpa campur tangan guru, artinya, guru hanya sebagai fasilitator yang menyiapkan bahan atau materi pembelajaran saja yang kemudian bahan tersebut diaplikasikan pada media sebagai sumber belajar siswa yang utama.

Referensi:

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Surat Undangan Wali Murid

kali ini saya akan men share contoh surat undangan wali murid, semoga bermanfaat bagi yang membutukan.. PEMERINTAH KABUPAT...